TENTANG QIRA’AH DALAM SHALAT dan MAD DALAM SURAT AL-FATIHAH.

Dalam kitab At-Tibyan diterangakan, diperbolehkan membaca Al-Qur’an baik dalam shalat atau diluar shalat dengan Qira’atus-Sab’ah (bacaan melalui imam yang tujuh), dan tidak diperbolehkan membaca Al-Qur’an dengan selain imam yang tujuh, atau dengan imam yang tujuh tapi melalui rawih yang Syad (tidak sesuai bacaan imam tujuh).
Yang dimaksud imam yang tujuh dan rawinya, yitu :

1.     Imam Nafi’ yang mempunyai rawi Imam Qalun dan Imam Warasy.
2.     Imam Ibnu Katsir yang mempunyai rawi Imam Bazzi dan Imam Qumbul.
3.     Imam Abu ‘Amrin yang mempunyai Rawih Imam Duri dan Imam Susi.
4. Imam Ibnu ‘Amir yang mempunyai rawi Imam Hisyam dan Imam Ibnu Dzakwan.
5.     Imam ‘Ashim yang mempunyai rawi Imam Syu’bah dan Imam Hafash.
6.  Imam Hamzah Azzayat yang mempunyai rawi Imam Khalaf dan Imam Khalad.
7.     Imam Kisa’I yang mempunyai rawi Imam Abu Harist dan Imam Duri.

TENTANG MAD DALAM SURAT AL-FATIHAH.

Dalam melafazhkan ‘Maaliki Yaumiddin’ ulama berbeda pendapat. Menurut Imam ‘Ashim dan Imam Kisa’I dibaca dengan panjang (Mad Thabi’i) dalam ‘Mim’ Lafazh Maliki. Selaim Imam ‘Ashim dan Imam Kasa’i, berpendapat ‘Mim’ dalam lafazh Maliki dibaca dengan pendek (Qashar/Pendek).
Diterangkan dalam kitab bajuri, pada rakaat pertama dalam shalat disunnahkan memenjangkan huruf ‘Mim’ dalam lafazh ‘Maliki’ dan pada rakaat kedua disunnahkan untuk memendekkan huruf ‘Mim’ dalam lafazh Maliki, sebab rakaat pertama disunnahkan untuk dibaca lebih panjang dari rakaat kedua, walaupun hanya dengan satu huruf.

Sumber referensi artikel : Faidlur-rahman (Shifatu Shalatin Nabi SAW) 4 Hal. 93 – 94


Artikel ini dibuat untuk menambah referensi tentang pengetahuan khususnya di bidang Agama, bukan untuk menjadikannya sebagi perdebadan yang saling menyalahkan dan menganggap dirinya paling benar. Mohon maaf apabila terjadi kesalahan dalam penulisan dan penamaan.
Dapatkan Artikel Gratis
*Untuk berlangganan Artikel gratis via E-Mail di blog ini, silahkan masukan alamat email anda dan klik tombol Subscribe.. Terimakasih*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar