KEUTAMAAN MEMBACA SHALAWAT DI HARI JUM’AT

Sesungguhnya Allah dan Malaikat-malaikatNya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”. (QS. Al-Ahzab:56)
“Sesungguhnya Allah tidak menganiayah seseorang walaupun sebesar dzarrah, dan jika ada kebaikan sebesar dzarrah, niscaya Allah akan melipatgandakannya dan memberikan dari sisiNya pahala yang besar”.(QS. An-Nisa:40)

Hadist Rasulullah :
·  “Perbanyaklah kamu sekalian membaca Shalawat kepadaku pada hari Jum’at, sebab sesungguhnya shalawat umatku akan diperlihatkan kepadaku pada hari Jum’at, siapa yang paling banyak bershalawat kepadaku, maka dia orang yang paling dekat kedudukannya denganku”
·        Perbanyaklah kamu sekalian membaca Shalawat kepadaku pada hari jum’at dan malam Jum’at, siapa yang mengerjakannya, maka aku yang menjadi saksi
dan menyafa’atinya di Yaumul Qiyamah.
·        Siapa yang bershalawat kepadaku pada hari jum’at 100 kali maka selama 80 tahun segala kesalahannya akan diampuni.
·        Siapa yang bershalawat kepadaku pada hari Jum’at 1000 kali, maka dia tidak akan meninggal sehingga melihat tempatnya di surga.
·        Siapa yang bershalawat kepadaku pada hari Jum’at, maka shalawatnya akan menyafa’atinya di Yaumul Qiyamah kelak.
·        Siapa yang bershalawat kepadaku pada hari Jum’at sebanyak 80 kali, maka akan diampuni baginya dosa selama 80 tahun.
Sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, bagaimana cara bershalawat kepadamu..? Rasulullah menjawab “Katakanlah, ALLAHUMMA SHALLI ‘ALAA SAYYIDINA MUHAMMADIN ‘ABDIKA WANABIYYIKA WARASULIKA NABIYYIL UMMIYYI.
·        Siapa yang bershalawat setelah Shalat Ashar pada hari Jum’at sebelum bangun dari tempatnya dangan mengucapkan ALLAHUMMA SHALLI ‘ALAA SAYYIDINA MUHAMMADIN ANNABIYYIL UMMIYYI WA’ALA AALIHI WASHAHBIHI WASALLIM TASLIMA sebanyak 80 kali, maka selam 80 tahun segala dosanya akan diampuni dan akan dicatat baginya ibadah 80 tahun.
·        Dalam kitab Tahzibul Adzkar : YA DAIMAL FADLI ‘ALAL BARIYYAH, YA BASITHAL YADAINI BIL ‘ATHIYYAH, YA SHAHIBAL MAWAHIBIS SANIYYAH, SHALLI ‘ALAA SAYYIDINA MUHAMMADIN KHAIRIL BARIYYA, WAGHFIRLII YA DZAL’ULAA FII HADZIHIL ‘ASYIYYAH 10 x, maka Allah akan mencatat baginya 100 ribu kebaikan dan menghapus 100 ribu kejelekan, dan Allah akan mengangkat 100 ribu drajat, dan akan bersana Nabi Ibrahim dalam qubahnya di Yaumul Qiyamah.
Imam Syafi’I mengatakan, “Saya mencitai memperbanyak membaca Shalawat pada tiap waktu, akan tetapi pada hari Jum’at dan malam Jum’at lebih saya cintai.
Dan Imam Ibnu Hajar mengatakan “Memperbanyak membaca shalawat pada hari jum’at dan malam jum’at lebih agung pahalanya di banding membaca Al-Qur’an, kecuali surat Kahfi”.

Sumber referensi artikel : Faidlur-rahman jilid 4 Hal. 121-124.


Artikel ini dibuat untuk menambah referensi tentang pengetahuan khususnya di bidang Agama, bukan untuk menjadikannya sebagi perdebadan yang saling menyalahkan dan menganggap dirinya paling benar. Mohon maaf apabila terjadi kesalahan dalam penulisan dan penamaan.
Dapatkan Artikel Gratis
*Untuk berlangganan Artikel gratis via E-Mail di blog ini, silahkan masukan alamat email anda dan klik tombol Subscribe.. Terimakasih*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar