Sejarah empat mazhab imam


A. IMAM ABU HANIFAH ( Pendiri madzhab Hanafiyah )
Imam Abu Hanifah lahir pada tahun 80 H, meninggal pada tahun 150 H, beliah belajar banyak kepada para ulama terutama sekalai kapada Imam Hammad bin Abi Sulaiman yang mengambil ilmu fiqih dari Imam Ibrahim Anakha’i.
Dasar Madzhab dari Imam Abu Hanifah adalah Al-Qur’an, As-Sunnah, Ijma’, Qias dan Istihsan (menganggap baik sesuatu). Yang dimaksud Istihsan dalam Mazhab Hanafiyah, yaitu keluar dari pengambilan hokum melalui qias yang zhahir dengan menggunakan hokum yang berbeda dengan qias, sebab dalam hokum tesebut di anggap tidak pantas menggunakan qias pada bagian Juz Iyat (bukan dasar).
Murid termasyur dari Imam Abu Hanifah ada 4, yaitu :
1. Imam Abu Yusuf, Ya’qub bin Ibrahim Al-Kufi, lahir pada tahun 113 M, meninggal tahun 182 H. Beliau menduduki kedudukan tertinggi dalam membukukan dasar-dasar Mazhab Imam Abu Hanifah dan menyebarkan ke seluruh dunia, beliau menduduki tingkat Mujtahid Muthlaq Ghairu Mustaqil.
2. Imam Muhammad bin Hasan Asy-Syaibani, lahir pada tahun 132 H, meninggal pada tahun 189 H. Beliau pertama belajar kepada Imam Abu Hanifah kemudian dilanjutakan kepada Imam Abu Yusuf  Ya’qub Al-Kufi, dilanjutkan kepada Imam Malik bin Anas, hingga beliau menduduki tingkatan Mujtahid Muthlaq Ghairu Mustaqil, beliau menduduki tingkat tertinggi dalam membukukan Madzhab Hanafiyah dan menjadi hujjah yang mu’tamad bagi ahli Hanafiyah.
3. Imam Abu Hudzail bin Qais Al-Kufi, lahir pada tahun 110 meninggal pada tahun 158 H. beliau termasuk ahli hadist dan begitu menguasai ilmu Qias, sehingga beliau menduduki orang teralim dalam mazhab Imam Abu Hanifah, dan beliau menduduki tingkat Mujtahid muthlaq Ghairu Mustaqil.
4. Imam Haan bin Ziad Al-Lu’lu’i, meninggal pada tahun 204 H, pertama belajar kepada Imam Abu Hanifah kemudian pada teman Abu Hanifah, yaitu Imam Abu Yusuf dan Imam Muhammad bin Hasan, beliau begitu masyhur dengan meriwayatkan hadist dan meriwayatkan pendapat Abu Hanifah, akan tetapi kedudukan beliau dibawah tingkat Imam Abu Hanifah dan kedua temannya.

B. IMAM MALIK BIN ANAS (Pendiri Mazhab Malikiyah).

Imam Malik bin Anas lahir pada tahun 93 H, meninggal pada tahun 179 H, beliau belajar pada para imam ahli Madinah, terutama sekali belajar kepada Abdurrahman bin Hurmus, dan belajar  kepada Imam Nafi’ (Maulana Ibn Umar) dan belajar juga kepada Imam Syihab Az-Zuhri. Guru ilmu fiqih beliau adalah Rabi’ah bin Abdurrahman.
Imam Malik adalah Imam dalam ilmu hadist dan ilmu fiqih, beliau mempunyai kitab hadist yang begitu terkenal, yaitu kitab AL-Muwatha sehingga Imam Syafi’I mengatakan “Tidak ada kitab dibawah permukaan langit yang lebih shaheh setelah Al-Qur’an, selain kitab Al-Muwatha”. Dan sewaktu meriwayatkan Imam Malik, Imam Syafi’I  mengatakan “Imam Malik adalah guruku, darinya aku mengambil Ilmu, dia adalah Hujjah antara aku dengan Allah. Tidak ada seorang pun yang lebih aku percayai dari Imam Malik.
Dasar Pokok dari Imam Malik ada 20 dan yang paling masyhur adalah Kitab Al-Kitab, As-Sunnah, Ijma’, Qias, ‘Amalu ahli Madinah, Mashalihil Mursalah, ucapapan para sahabat (Jika senada dianggap Shaheh) dan Istihsan. Yang dimaksud Istihsan dalam madzhab Maliki, yaitu mendahulukan mengambil kemaslahatan hokum yang bangsa Juz’iyah dari menghukumi dengan Qias. Yang dimaksud Mashalihil Mursalah yaitu mengambil hukum yang bermanfaat sewaktu tidak ada dalil yang khusus.
Murid termasyhur Imam Malik dari Ahli Mesir ada 7, diantaranya yaitu:
1. Imam Abu Abdillah Abdurrahman bin Qasim, meninggal pada tahun 191, beliau belajar kepada imam Malik selama 20 tahun, kemudian dilanjutkan belajar ilmu fiqih kepada imam Laits bin Sa’din hingga menduduki tingkat Mujtahid Muthlaq Ghairu Mustaqil, sehingga Imam yahya bin Yahya berkata “Beliau adalah orang yang paling alim dan terpercaya dalam Madzhab Imam Malik.
2. Imam Abu Muhammad Abdillah bin Wahbin bin Muslim, lahir pada tahun 125 H, meninggal pada tahun 197 H, beliau belajar pada Imam Malik selama 20 Tahun, kemudian belajar ilmu Fiqih  kepada Imam Laits ibnu Sa’din, beliau termasuk ahli Hadist yang Tsiqah.
Murid Imam Malik dari ahli Maghribi ada 7, diantaranya yaitu :
1. Imam Abu Hasan Ali bin Ziyad At-Tunasi, meninggal pada tahun 183 H, beliau mengambil ilmu dari Imam Malik dan Imam Laits bin Sa’din, beliau adalah orang yang paling alim dalam ilmu Fiqh dari negeri Ifrikiyah (Afrika).
2. Imam Abu ‘Abdillah, Ziyad bin Abdurrahman Al-Qurthubi, meninggal pada tahun 193 H, beliau belajar kitab Muwatha’ kepada Imam Malik dan beliau adalah orang pertama yang mengajarkan kitab Muwatha’ di negeri Andalus.

Murid termasyhur Imam Malik dari ahli Hijaz dan Irak ada 3, yaitu :
1. Imam Abu Marwan, ‘Abdul Malik bin Abi Salamah Al-Majisyun, meninggal pada tahun 212, beliau adalah mufti Madinah dizamannya dan beliau adalah orang pertama yang membukukan kitab Muwatha’ sebelum pengarangnya sendiri.
2. Imam Ahmad bin Mu’adzal bin Ghilan, beliau adalah orang yang paling alim dalam ilmu Fiqh dari negeri Irak.
3. Imam Abu Ishaq, Ismail bin Ishaq Al-Qadli, meninggal pada tahun 282, beliau dari negeri Basrah dan menetap di negeri Baghdad, beliau belajar ilmu Fiqh kepada Imam Ahmad bin Mu’adzal, beliau adalah orang menyebarkan Madzhab Maliki di negeri Irak.


C. IMAM SYAFI’I (Pendiri Madzhab Syafi’iyah)

Imam Syafi’I lahir di negeri Palestin pada tahun 150 H bertepatan dengan tahun meninggalnya Abu Hanifah, beliau meninggal di Mesir pada tahun 2014 H. pada saat berusia 2 tahun ayah beliau wafat, kemudian beliau hijrah ke negeri Mekkah, beliau belajar  ilmu Fiqh kepada Mufti Mekkah yaitu Imam Muslim bin Khalid Az-Zanji, dan beliau mendapat izin memberikan Fatwah pada usia 15 tahun. Kemudian beliau hijrah ke negeri Madinah dan belajar ilmu Fiqh kepada Imam Malik bin Anas, beliau mendengar langsung kitab Muwatha’ dari Imam Malik dan dapat menghafalnya dalam waktu 9 hari, dan beliau menerima hadist dari Sufyan bin ‘Uyainah, Fudel bin ‘Iyad serta pamannya Muhammad bin Syafi’I beliau kembali berhijarah ke negeri Baghdad pada tahun 183 dan 195 H, beliau mengarang kitab yang menjadi dasar dari Madzhab Qadim (Qaul Qadim), kemudian beliau berhijrah ke negeri Mesir pada tahun 200 H, beli mendirikan Madzhab Jadid (Qaul Jadid)
Imam Syafi’i adalah ahli Fiqh, hadist dan Usul, sehingga Imam Ahmad bin Hambal mengatakan “Imam Syafi’I adalah orang yang paling menguasai kitabullah dan sunnah Rasulullah”.
Para Imam ddari negeri Irak yang meriwayatkan qaul Qodim Imam Syafi’I ada 4 Yaitu:
1. Imam Ahmad bin Hambal.
2. Imam Abu Tsur.
3. Imam Karabisi.
4. Imam Za’farani, orang yang paling berperan dalam meriwayatkan qaul Qadim imam Syafi’i.
Para Imam dari negeri Mesir yang meriwayatkan qaul Jadid Imam Syafi’I, diantaranya yaitu :
1. Imam Abu Ya’qub, Yusuf bin Yahya Al-Buwaiti, meninggal pada tahun 231 H, beliau mempunyai catatan (Muhtashar) yang meringkas dari semua kalam Imam Syafi’i.
2. Imam Abu Ibrahim, Ismail bin Yahya Al-Muzani, meninggal pada tahun 264 H, belia menduduki tingkat Mujtahid Muthlaq Ghairu Mutaqil, sehingga Imam Syafi’i mengatakan “Imam Muzani adalah penolong Madzhabku”.
3. Imam Abu Muhammad, Ar-Rabbi’ bin Sulaiman bin Abdul Jabbar Al-Muradi, meninggal pada tahun 270 H, beliau menemani Imam Syafi’I dalam waktu yang sangat lama sehingga beliau menjadi riwayat dari semua kitab Imam Syafi’i. jika ada perbedaan riwayat antara Imam Muzani dengan Imam Rabbi’ Al-Muradi, maka didahulukan pendapat Rabbi’ Al-Muradi.
4. Imam Ar-Rabbi’ bin Sulaiman Al-Jizi, meninggal pada tahun 256 H.

D. IMAM AHMAD BIN HAMBAL (Pendiri Madzhab Hambali)
Imam Ahmad bin Hambal lahir pada tahun 164 H, meninggal pada tahun 241, beliau belajar ilmu  Fiqh kepada Imam Syafi’i sewaktu Imam Syafi’I mendatangi kota Baghdad, guru-guru imam Ahmad mencapai 100 Imam, beliau menekuni hadist dengan mengumpulkan dan menghafalnya hingga beliau menjadi Imam ahli hadist di zamannya.
Syaikh Ibrahim Al-Harbi memuji dengan mengatakan “ Saya melihat Ahmad bin Hambal seakan Allah mengumpulkan ilmu orang terdahulu hingga akhir” begitu juga imam Syafi’I sewaktu menuru negeri Mesir mengatakan, “Saya keluar dari negeri Baghdad dan saya tidak meninggalkan orang yang paling bertaqwa dan paling alim  dalam ilmu Fiqh yang melebihi Imam Ahmad bin Hambal” dan Imam Bisyri Al-Hafi mengatakan “ Sesungguhnya Imam Ahmad menduduki Maqam para Nabi”.
Dasar dari Madzhab Imam Ahmad bin Hambal yaitu Al’Qur’an, As-Sunnah, Ijma’, Qias, Fatwah Sahabat, Istishabul Ashli (Meneruskan Hukum Asal) dan Mashalihil Mursalah dan Dzara-i’ (Sesuatu yang menyebabkan baik dihitung baik, sesuatu yang mengakibatkan jelek dihitung jelek).
Yang dimaksud Istishabul Ashli yaitu, meneruskan hukum asal, seperti, menghukumi asal sesuatu dengan mubah, contoh menghukumi asal air dengan suci hingga ditemukan dalil yang menunjukan air tersebut terkena najis.
Imam Ahmad bin Hambal tidak mengarang satupun kitab tentang ilmu Fiqh, adapun teman-temannya mengambil Madzhab Hambali dari ucapan, pekerjaan dan pertanyaan kepada beliau, dan beliau mempunya kitab musnad dalam ilmu hadist yang memuat lebih dari 40 ribu hadist.
Murid termasyhur Imam Ahmad bin Hambal ada 7, diantaranya yaitu :
1. Imam Shaleh bin Ahmad bin Hambal, meninggal pada tahun 266 H, beliau adalah putra tertua dari Imam Ahmad bin Hambal, beliau menerima ilmu Fiqh dan hadist dari ayahnya dan dari para Imam dizamannya.
2. Imam Abdullah bin Ahmad bin Hambal, lahir tahun 213 H, meninggal pada tahun 290 H, beliau disibukkan dengan meriwayatkan hadist dari ayahnya, adapun saudaranya Imam Shaleh bin Ahmad bin Hambal disibukan dengan mempelajari ilmu Fiqh dan masalah-masalahnya dari ayahnya.

E. TENTANG IMAM MUJTAHID.

Terdapat beberapa Mujtahid, diantaranya yaitu :

1. Mujtahid Muthlaq Mustaqil, yaitu para imam yang mengambil hukum langsung dari Al-Qur’an dan Al-Hadist, seperti imam Hanafi, Imam Maliki, Imam Syafi’I dan Imam Ahmad bin Hambal.
2. Mujtahid Madzhab/Mujtahid Mutlaq Ghairu Mustaqil,
Yaitu para imam yang mengambil langsung dari Madzhab imam, seperti Imam Muzani mengambil langsung dari imama Syafi’i.
3. Mujtahid Fatwah/Tarjaih,
Yaitu para imam yang mentarjeh (mengambil yang lebih shaheh) hukum dari imamnya, seperti Imam Nawawi dan Imam Rafi’i.
4. Mujtahid Fi Ba’dlil Masail
Yaitu para imamyang mentarjeh hukum dari mujtahid fatwah, seperti Imam Ibnu Hajjar dan Imam Ramli
Dalam Kitab Syara Al-Yaqutu Nafis diterangkan, sebab dari perbedaan pendapat para ulama mengenai hukum-hukum Furu’ yaitu dari berbeda pandangan dalam memahami kitab-kitab imamnya, maka perbedaan pendapat ulama mengenai madzhab imamnya sama seperti perbedaan para imam mengenai pengambilan hadist-hadist Rasulullah Sollahu alaihi wasallam.
Apabila dalam Madzhab Syafi’iyah terdapat perbedaan pendapat mengenai qaul Qadim dan Qaul Jadid, maka harus mendahulukan qaul Jadid, kecuali dalam beberapa masalah. Apabila ada perbedaan Mujtahid Madzhab dalam nash Imam Syafi’I maka yang harus didahulukan adalah nash yang lebih terang dalam kitab-kitab Imam Syafi’I dan apabila ada perbedaan pendapat dalam Mujtahid Fatwah (Imam Nawawwi dan Imam Rafi’i) maka yang didahulukan adalah pendapat Imam Nawawi. Apabila ada perbedaan dalam Mujtahid Fi Ba’dlil Masali (Imam Ibnu Hajjar dan Imam Ramli) tentang pemahaman dari Mujtahid Fatwah, maka ahli Hadlral Mau dan ahli Haramain (Mekkah Madinah) berpegang kepada pendapat Imam Ibnu Hajjar. Adapun ahli Mesir berpegang dengan pendapat Imam Ramli.
Dalam kitab Bughyatul Mustarsyidin, Sayyid Abdurrahman bin Abdullah bil Faqih mengatakan, “Imam Ibnu Hajjar, Imam Ramli, Syaihul Islam Zakariyah Al-Anshari, Syaih Khatib Asy-Syirbini dan Imam Ibnu Ziyad, semuanya menduduki satu tingkatan, maka boleh mengikuti salah satu dari mereka diniatkan untuk mengikuti tuntunan Rasulullah Sollahu alaihi wasallam dengan menjauhkan dari Hawa Nafsu.

Sumber referensi artikel : Kitab Faidlur-Rahman Hal 31 – 39, nomor dan tanggal permohonan C00201303157, 12 Juli 2013, Nomor pendaftaran 066558

Artikel ini dibuat bertujuan untuk mengenal para alim ulama yang mendedikasikan seluruh hidupnya selama mencari ilmu dan menyebarakannya kepada seluruh umat islam di dunia ini. Bukan bermaksud untuk menjadikan suatu permasalahan.

NB : Apabila ingin mengcopy paste artikel ini, diwajibkan mencantumkan sumber refererensinya dan mohon maaf  apabila ada kesalahan penulisan nama ataupun yang tidak diketahui oleh sang penulis.

Dapatkan Artikel Gratis
*Untuk berlangganan Artikel gratis via E-Mail di blog ini, silahkan masukan alamat email anda dan klik tombol Subscribe.. Terimakasih*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar